Friday, July 21, 2017

Kenapa pilih ASUS ZenBook ?

Kenapa pilih ASUS Zenbook?
Bagi kalian yang suka dengan laptop kecil-kecil cabai rawit, mungkin inilah alasannya ASUS mengeluarkan seri Zenbook. dan ASUS Zenbook 3 UX390 adalah varian terbaru yang dikeluarkan oleh ASUS. laptop ini sangat tipis dan kecil. jangan terkecoh dengan penampilannya sobat, walapun desain dan bodinya tipis laptop ini sangat bertenaga. dan desainnya juga sangat mewah.

laptop ini memilki banyak keunggulan yang menurut saya anti mainstream untuk kalangan laptop-laptop keluaran terbaru tahun ini
apa saja keunggulan-keunggulan yang terdapat pada ASUS Zenbook 3 UX390 ini?
berikut ini adalah keunggulan-keunggulannya :

Stylish dan Slim

keunggulan anti mainstream pertama yaitu laptop ini sangat Slim dan Stylish. ASUS Zenbook 3 UX390 menggunakan desain Concentric Circle Design yang terdapat pada bagian cahing belakang ASUS ZenBook 3 UX390 

kamu bisa lihat ada beberapa garis konsentris yang menjorok kedalam kebagian logo ASUS serta melingkar. desain inilah yang dinamakan Concentric Circle Design. desain ini memberikan kesan elegan pada laptop ini
ASUS ZenBook 3 UX390
source image : http://selular.id/device/2017/03/review-asus-zenbook-3-ux390-notebook-premium-membuat-kagum/
dan konon katanya desain ini adalah ciri khasnya laptop ASUS Zenbook. terdapat juga balutan warna emas pada setiap bagian lis laptop ini dan pada logo ASUS. ASUS memberikan 3 pilihan warna pada ZenBook 3 UX390, yakni royal blue, quarts grey dan rose gold. 

ASUS ZenBook 3 UX390 ini juga tahan terhadap korosi, karena didesain dengan potongan berlian serta pada bagian lapisan alumuniumnya juga dipeoses melalui anodisasi yaitu proses pembentukan lapisan tipis (film) oksidasi pada permukaan benda kerja dengan metode elektrolisis. Lapisan ini memberikan perlindungan terhadap logam aluminium dari reaksi korosi.

Selain stylish laptop ini juga tipis dan ringan. ZenBook 3 UX390 memiliki ketebalan super tipis yaitu 11,9 mm dan memiliki bobot yang super ringan juga, yaitu 910 gram. biasanya laptop paling ringan memiliki bobot lebih dari 1 kilo bahkan sampai 2 kiloan , lah ini 910 gram kurang dari 1 kilo. kebayang kan ringannya sepert apa? dan untuk laptop seringan ini ASUS ZenBook 3 UX390 memliki layar yang termasuk luas yaitu 12.5 inch. bukan termasuk luas lagi sih, tapi memang LUAS


Performa yang melampaui Batas

Jelas..., ASUS ZenBook 3 UX390 memiliki performa yang sangat cepat dan tidak terbayangkan bila dilihat dari segi bodinya yang tipis dan ringan. mungkin semua orang akan terkecoh dengan bodinya, tapi begitu melihat dapur pacunya maka orang-orang akan terkejut. betapa cepat dan bertenaganya laptop ini.
Intel kabylake

ASUS ZenBook 3 UX390 menggunakan processor Intel generasi ke7 Kabylake yaitu Intel Core i7-7500U dengan clock speed mencapai 2,9 Ghz, serta terdapat RAM bertipe DDR3 sebesar 8 Gb dan jika masih kurang bisa ditambah lagi sampai 16 Gb. Apabila kamu adalah seorang editor video dengan Processor dan RAM sebesar itu kamu bisa me-render video sambil main Game tanpa ada kendala lemot sedikitpun.

Laptop pada umumnya masih banyak yang menggunakan HDD (Harddisk), tetapi ASUS ZenBook 3 UX390 ini BEDA. ASUS ZenBook 3 UX390 menggunakan SSD sebesar 500 Gb. dengan penyimpanan SSD (Solid State Drive) kamu bisa mendapatkan kinerja yang sangat cepat untuk booting dan write/read data. SSD memiliki 8 kali lebih cepat dari HDD (Harddisk). kalian akan terkejut bila melihat proses booting laptop ini, karena dalam hitungan detik pun laptop ini akan menyala. 

Untuk Rendering apalagi. dalam proses rendering, laptop maupun komputer akan melibatkan memori penyimpanan. jika kamu menggunakan memori penyimpanan SSD maka akan berpengaruh terhadap lama atau tidaknya rendering. jadi semakin cepat bila kamu menggunakan SSD di ASUS ZenBook 3 UX390 ini.

dalam hal kecepatan write/read data, SSD memiliki kecepatan mencapai 200 Mb/s bahkan bisa sampai 500 Mb/s sementara HDD hanya mencapai 50 Mb/s - 120 Mb/s. serta SSD juga tidak seperti HDD yang menghasilkan hawa panas. jadi SSD tetap dingin tidak seperti HDD.

oh iya, ASUS ZenBook 3 UX390 juga sudah menggunakan Sistem Operasi Windows 10 Home, yang termasuk dalam golongan Sistem Operasi terbaru dan Idaman semua orang. karena Windows 10 Home ini memiliki berbagai macam fitur yang belum ditemui pada versi windows sebelumnya. Windows 10 memiliki salah satu fitur yang mencolok yakni Cortana. Cortana adalah mesin pencarian yang khsusu terdapat di Windows 10. jadi wajar saja Windows 10 menjadi idaman semua orang.

Konektivitas tanpa batas

ASUS ZenBook 3 UX390 menyediakan port USB 3.1 Type C saja. tetapi tidak usah khawatir karena sudah disediakan alat khusus untuk menambah port USB 3.1 Type C, USB 3.0 Type A dan  HDMI. Kelebihan dari USB 3.1 Type C ini adalah Kecepatan tranfer data sangatlah cepat, yaitu mencapai 10 Mbps. Port USB Type C tersebut juga multifungsi. bisa untuk mengisi baterai, transfer data, dan display port yang bisa digunakan untuk multi-monitor.

ASUS ZenBook 3 UX390 juga terdapat Bluetooth V4.1 dan Wifi 802.11a/b/g/n/ac (WIDI Support)


Layar yang Nyaman dan Kuat

Ternyata tidak hanya layar handphone saja yang memiliki pelindung Gorilla Glass, tetapi layar laptop ASUS ZenBook 3 UX390 juga. bahkan pelindung layar yang dipakai adalah versi terbarunya yaitu Corning Gorilla Glass 4. tentu pelindung kaca yang satu ini sangatlah kuat dan tahan pada goresan sobat baik tidak sengaja maupun disengaja.
Layar asus zenbook 3 ux390
Source image : https://www.asus.com/id/Laptops/ASUS-ZenBook-3-UX390UA
Pada layar ASUS ZenBook 3 UX390 dibekali resolusi selebar 1920 x 1080 p Full HD serta memiliki aspek rasio 16:9 LED baklit dan Glare panel 72% NTSC yang membuat kalian makin nyaman saat menatap Layar ASUS ZenBook 3 UX390 ini, ditambah lagi bezel yang tipis (bezel less) hanya 7.6 mm yang memiliki kesan layar yang luas.

ada juga teknologi Splendid Technology yang berfungsi untuk menyetel tampilan layar agar nyaman katika digunakan. terdapat 4 macam mode yang di tawarkan Splendid Technology yaitu Normal Mode, Eye Care Mode, Vivid Mode dan Manual Mode

Splendid Technology
Source image : https://www.asus.com/id/Laptops/ASUS-ZenBook-3-UX390UA

Pada Normal Mode adalah mode dimana layar bekerja seperti biasa alias normal, tidak kontras dan tidak terlalu redup dan apabila kamu khawatir akan kondisi matamu dan menghindari miopia, kamu bisa mengaktifkan mode Eyecare. cahaya akan sedikit meredup agar mata tidak cepat lelah.

dan jika kamu suka warna dengan saturasi yang lebih tinggi kamu bisa memilih Vivid Mode dalam mode ini Saturasi warna akan secara otomatis meningkat. atau bila kamu ingin mengotak atiknya sendiri kamu bisa pilih mode Manual, disana kamu bisa mengatur tingkatan warnanya sesuai seleramu.

Speaker yang Jernih dan Keras

Terdapat 4 speaker pada ASUS ZenBook 3 UX390 yang memiliki peranan masing-masing, yaitu di atas ada 2 buah speaker untuk bass dan frekuensi sedang dan sisanya ada di bawah yang menangani frekuensi sedang-tinggi. makanya speaker ASUS ZenBook 3 UX390 ini sangat keras, 2 kali lebih keras dari laptop-laptop pada umumnya.

Selain keras speaker ASUS ZenBook 3 UX390 sangat enak didengarkan karena spekaernya dibuat oleh Harman Kardon yakni sebuah pabrik speaker dari Amerika yang sudah terbukti memiliki kualitas suara yang bagus dan jernih. ada 4 buah tabung ampli di speaker ASUS ZenBook 3 UX390 yang membuat suaranya makin nyata.

ASUS juga tidak hanya menyematkan software pendukung hardware pada layar seperti Splendid Techlonogy. tetapi ASUS juga membuatkan untuk speaker. software ini bernama Audio Wizard. mempunyai 5 mode audio. yaitu Music Mode, Movie Mode, Recording Mode, Gaming Mode, dan Speech Mode.
Audio Wizard
Source image : https://www.asus.com/id/Laptops/ASUS-ZenBook-3-UX390UA
Tentunya setiap mode memiliki kenyamanan saat menjalankan aktivitas yang berbeda-beda, antara lain :
  • Music Mode : cocok digunakan saat mendengarkan music
  • Movie Mode : nyaman digunakan saat menonton film, karena dengan mode ini suara akan terdengar semakin nyata
  • Recording Mode : cocok digunakan pada saat rekaman, atau bisa juga dubbing
  • Gaming Mode : cocok digunakan untuk bermain game. dan yang terakhir,
  • Speech Mode : cocok digunakan saat mendengarkan pidato atau memperjelas suara orang yang sedang bernyanyi.
dari ke5 mode tersebut kalian juga menonaktifkannya jika kalian ingin suara normal dari speaker ASUS ZenBook 3 UX390.


Touchpad dan Keyboard yang Memanjakan Jari

Touchpad dan keyboard asus zenbook 3 ux390
Source image : https://www.asus.com/id/Laptops/ASUS-ZenBook-3-UX390UA
Touchpad pada ASUS ZenBook 3 UX390 menggunakan teknologi ASUS Smart Gesture, yaitu teknologi yang mendukung 3 jari sekaligus dalam pengoperasiannya. seperti saat memindahkan file (1 jari), zoom out - zoom in, ( 2 jari, caranya seperti zoom pada touchscreen handphone), rotate, show pop up menu dan masih banyak fungsi lainnya. tanpa mouse pun cursor dapat dijalankan dengan nyaman

pada bagian touchpadnya juga terdapat Fingerprint Sensor atau Sensor Sidik Jari. jadi kamu bisa membuka kunci pada ASUS ZenBook 3 UX390 dengan sekali sentuhan jarimu. sangat canggih kan?. dengan ini kamu bisa mengamankan laptop tanpa harus memberikan dan mengingat PIN untuk membuka kunci. 

Sementara keyboard ASUS ZenBook 3 UX390 tidak kalah nyaman dengan touchpadnya. 
keyboard ASUS ZenBook 3 UX390 menggunakan keyboard chicklet, dan memiliki kedalaman tekan 0,8 mm. maka jika kita mengetik dengan keyboard ASUS ZenBook 3 UX390 akan terasa nyaman dan empuk di jari serta meminimalisirl terjadinya typo (salah ketik) sebab memiliki jarak antar tombol yang pas di jari.

Keyboard laptop ini juga dapat dinyalakan ( Backlit Keyboard) bila sobat mengetik dengan kondisi cahaya yang gelap

kedua komponen diatas yang membuat jari kita semakin manja dan nyaman dalam mengoperasikan laptop ASUS ZenBook 3 UX390 ini.

Daya tahan baterai yang luar biasa

Dari tadi hanya ngomongin soal performa, desain dan fitur-fiturnya. Bagaimana dengan daya tahan baterainya ?
Tentu saja luar biasa. Tipis dan ringan bukan alasan bagi si ASUS ZenBook UX390 memiliki daya tahan baterai yang kecil dan mudah habis.

Malahan ASUS ZenBook UX390 ini sangat irit dibanding dengan laptop-laptop pada umumnya. Dengan baterai lithium polymer 40Wh ASUS ZenBook UX390 sanggup menemani kalian hingga 9 jam.

Pasti lama ya ngecas laptop ASUS ZenBook UX390. Tenang... ASUS ZenBook UX390 ini memiliki fitur Fast Charging. Fast charging ini mampu mengisi baterai 60% hanya perlu waktu pengisian ulang 49 menit saja. 

Rata-rata laptop umumnya paling cepat mengisi ulang daya hanya kisaran 3 jam itupun biasanya belum sampai full. Nah ini ASUS ZenBook UX390 hanya perlu waktu 49 menit sudah 60% sangat cepat untuk seukuran baterai yang jumbo. Untuk pengisian sampai full 100% paling memakan waktu sekitar 1 jam 30 menit.
baterai tahan lama
Source image : https://www.asus.com/id/Laptops/ASUS-ZenBook-3-UX390UA/
Dengan baterai yang begitu awetnya dan waktu pengisian yang begitu cepat. Laptop ini sangat cocok untuk orang yang produktif dan aktif. Untuk anak sekolahan atau mahasiswa yang tidak mau ribet membawa kesana sini charger maka laptop ini recomended. Dengan daya tahan baterai 9 jam pasti cukup untuk kegiatan seharian tanpa harus membawa charger laptop.

Jika dirasa spesifikasi yang saya papaprkan diatas masih kurang lengkap dan simple, saya juga sajikan beberapa spesifikasi lengkap pada bentuk tabel, agar simple

Spesifikasi Lengkap ASUS ZenBook UX390

Main Spec.ZenBookUX390UA
CPUIntel® Core™ i7 7500U Processor (4M Cache, up to 3.5GHz)
Operating SystemWindows 10 Home
Memory16GB DDR3L 2133MHz SDRAM
Storage512GB PCIe *4 M.2 SSD
Display12.5″ (16:9) LED backlit FHD (1920×1080) Glare Panel with 72% NTSC
GraphicsIntel® HD Graphics 620
Input/Output1x combo audio jack, 1x USB 3.1 Type-C port, Fingerprint Reader
CameraVGA Web Camera
ConnectivityIntegrated 802.11a/b/g/n/ac (WIDI Support), Bluetooth V4.1
AudioBuilt-in Stereo 1.6 W Quad-Speakers And Digital Array Microphone
ASUS SonicMaster Premium Technology
Battery6 Cells 40 Whrs Polymer Battery
Dimension296 x 191.2 x 11.9 mm
Weight910g with Battery
ColorsRose Gold, Royal Blue, Quartz Grey
AccessoriesExclusive Sleeve, Mini Dock
Warranty2 tahun garansi global
ViaSelular.id

Kesimpulan

Dari beberapa keunggulan Laptop ASUS ZenBook 3 UX390 diatas dapat disimpulkan bahwa laptop ini sangat sempurna untuk pendamping sehari-hari. Baik para editor video, blogger, mahasiswa, siswa, guru, pekerja kantoran laptop ini rekomendasi untuk dibeli.

Mengingat daya tahan baterai dan kecepatan pengisian ulang yang sangat cepat. Laptop ini akan sangat cocok untuk orang-orang yang produktif

Serta performa yang sangat kencang tentunya akan sangat membantu juga untuk berbagai macam kegiatan multitasking yang dapat dikerjakan dengan lancar. Apalagi dengan processor generasi ke 7 kabylake dan RAM 8 Gb, pasti akan sangat cepat apabila untuk rendering video dan sesekali nge game berat.

Layar yang nyaman dimata serta keybord dan touchpad yang bisa untuk memanjakan jari-jari kalian sehingga akan sangat betah duduk seharian di depan laptop ASUS ZenBook UX390 tersebut. 

Demikian review saya kali ini tentang Laptop ASUS ZenBook UX390. Semoga bisa menjadi pencerahan untuk kalian yang mencari laptop pemdamping sehari-hari. 

Komentarlah yang sopan dan bersifat membangun agar blog ini dapat berkembang ke arah yang lebih baik lagi
EmoticonEmoticon