Alasan Mengapa Siswa Menyontek

Alasan Mengapa Siswa Menyontek - Menyontek emang hal yang sering atau bahkan terus menerus dilakukan oleh pelajar. Menyontek seakan-akan menjadi tradisi turun temurun bagi pelajar, tradisi yang jelek dan susah di hilangkan hahaha.

Bagaimana tidak? Tiap kali adanya ulangan, ujian bahkan sampai ujian nasionalpun beberapa pelajar masih banyak yang menyontek. Sampai pelajar yang tidak pintar sampai pelajar yang jenius pasti pernah melakukannya. Bahkan guru pun pasti pernah kan menyontek hehehe mengaku sajalah pak bu hehehe.

Ya tidak heran lah semua orang pasti pernah menyontek. Karena pada dasarnya memang manusia adalah makhluk yang tidak bisa hidup sendiri. Bahkan ujianpun tidak bisa sendirian :v
maksudnya sendirian bagaimana ? sendirian maksudnya ya dia ujian sendirian tanpa ada orang yang ada di sampingnya saat ujian, gimana mau ujian kalau gak ada pengawas :v ? wkwkwkw. pengawas kan orang?

mungkin inilah beberapa alasan yang membuat siswa terpaksa Menyontek :

1. Tidak Pandai dalam Bidangnya

Saya mempunyai sedikit pengalaman tentang Orang Pintar yang Nyontek

Di saat saya duduk di bangku SMP, saya pernah punya teman yang sangat pendiam banget pokoknya deh. dia sangat pintar apalagi kemampuannya dalam pelajaran bahasa inggris. Dia juga sangat lanyah hitung-hitungan seperti matematika dan fisika. Ya mungkin karena dia sering les private lah ya dirumah

Alasan Mengapa Siswa Menyontek
Pada suatu hari saat ujian teman saya itu kesulitan dalam mengerjakan seni ukir. Dengan heran saya saat itu dipanggil oleh teman saya itu, maklum lah ya saya kan sedikit berbakat kalau pelajaran tentang seni seni

Saya tidak habis fikir orang sepintar dia ingin menyontek lebih tepatnya bertanya lah ya, dia bertanya kepada saya. Ya pada akirnya saya kasih jawabannya lah. Karena saya juga kasihan pada dia.

mmm... setelah saya pikir-pikir memang mungkin inilah alasan mengapa siswa menyontek. Saya sadar suatu hal.
Tidak semua orang pandai dalam semua bidang ya seperti teman saya itu. Meski dia pintar bahasa inggris, matematika, fisika tapi dia kesulitan saat mengerjakan seni ukir.


2. Manusia adalah Makhluk Sosial

Alasan Mengapa Siswa Menyontek

Dan lagi. manusia juga makhluk sosial, artinya memang sulit sebagai manusia hidup sendiri. Maka sebagai manusia kita harus saling tolong menolong meskipun harus menyalahi sebuah aturan seperti menyontek. Eh.... bukan menyontek lah ya. Kalo menyontek kan mencuri jawaban dari orang kalo ini beda. Yaitu bertanya saat ujian kepada teman hehehe :v


3. Pengawas Lalai

Selain kedua hal tersebut, Menyontek juga disebabkan oleh faktor eksternal, apa itu gan? faktor eksternal dari menyontek adalah antara lain pengawasan yang lalai, baik saat ulangan maupun ujian pasti ada yang mengawasi kan?

Alasan Mengapa Siswa Menyontek

nah.. biasanya akibat dari siswa menyontek tersebut karena kelalaiaan seorang pengawas, mungkin pada saat itu pengawasnya tidur, main HP terus, ngobrol terus dengan sesama pengawas. akibat ini siswa yang sedang kesulitan mengerjakan ujian menggunakan kesempatan ini untuk menyontek. hmmm... menyontek lagi menyontek lagi wkwkwk :v


4. Takut Nilainya Jelek

Kebanyakan siswa lebih takut nilainya jelek dari pada mengerjakan tidak jujur alias menyontek. karena apa, di indonesia faktanya di dalam pendidikan NILAI jauh lebih dihargai dari pada KEJUJURAN. ya.. memang inilah faktanya :v. terkadang jika kita mengerjakan soal dengan jujur, hasil kita tidak DIHARGAI. betul?

memang betul, saya mengalaminya sendiri ketika saya jujur justru malah di kacangin lah, karena nilai kurang bagus. nah.. sementara ketika saya mendapatkan nilai bagus meski nyontek itu biasanya ada anak yang.... Wuuuuuuuiiiiiiiiiiiiih...... keren bro nilai elu. ya, padahal itu hasil nyontek


betul atau betul?. cara pendang ini harus kita UBAH, karena apa, belum tentu Nilai Bagus itu orang nya pintar, dan belum tentu juga Nilai Jelek orangnya bodoh. ingatlah gan.. yang tidak jujur akan hancur.

Ayo jujur kawan, jangan takut nilaimu jelek. karena nilai hanyalah sebuah angka belaka. yang paling penting adalah proses, masalah nilai ? itu hanyalah bonus. jika proses kamu bagus maka hasilnya juga akan bagus juga. kejujuran adalah kunci kesuksesan

INDONESIA tidak kekurangan ORANG PINTAR, tapi kekurangan ORANG JUJUR


Ya... mungkin itu saja. Pesan saya sebagai seorang pelajar kepada sesama pelajar lainnya sih yang pasti jangan terlalu sering lah menyontek. Karena menyontek secara tidak sengaja akan membuat kita malas untuk berfikir. Sesekali tak apalah kalo itu memang saat keadaan kepepet banget ataupun otak kita sudah mentok hahaha :v

Sebenarnya sih kalau kita mau tekun belajar, budaya menyontek dapat dikurangi. Sejatinga kita menyontek kan karena belum bisa menjawab sebuah soal ya. Makanya kita harus belajar agar kita bisa menjawab soal-soal yang diberikan. Tapi ya memang sulit menghilangkan kebiasaan seperti tidak menyontek. Menyontek boleh asalkan jangan sering, sesekali saja agar otak kita tidak malas untuk berfikir

Oke itu saja yang saya sampaikan :v

Komentarlah yang sopan dan bersifat membangun agar blog ini dapat berkembang ke arah yang lebih baik lagi
EmoticonEmoticon